WINGS Corporation didirikan pada tahun 1948 di
Surabaya, Indonesia. Selama lima puluh tahun terakhir perusahaan ini telah
berkembang dari sebuah industri rumah kecil menjadi pemimpin pasar (market
leader) yang mempekerjakan ribuan orang dengan pabrik-pabrik berlokasi di
Jakarta dan Surabaya. Wings merupakan
perusahaan besar yang mengekspor produk-produknya ke seluruh dunia
sejak berdiri 60 tahun yang lalu di Jawa Timur. Setelah bertahun-tahun,
Wings telah tumbuh menjadi salah satu merk yang terkenal di Indonesia. Beberapa
produk pertama yang di hasilkan Wings Group meliputi
Sabun dan detergen dan yang terbukti dapat diterima oleh konsumen dengan baik.
Setelah itu, produk-produk pembersih lainnya diperkenalkan dan saluran
distribusi yang kuat terbentuk di seluruh Indonesia. Beberapa dekade
berikutnya, ‘Wings’ terus menerus
memperluas ragam produknya dan sekarang telah memproduksi serta menjual ratusan
SKU produk-produk rumah tangga, perawatan pribadi dan juga produk makanan.
1.
Spesifikasi Produk
Wings menghasilkan produk
antara lain toilet sabun, bedak dan bar deterjen,floorcleaners, pelembut
kain, dan pembalut untuk market di seluruh Indonesia dan sekitarnya. Sedangkan
pabrik ketiga P.T. Lionindo Jaya dibangun di Jakarta bersama-sama dengan Lion
Corporation Jepang untuk memproduksi merek seperti Emeron, Halaman Satu,
Ciptadent, dan Mama. mereka termasuk shampoo, shower gel, produk
perawatan kulit, pasta gigi, dan mencuci piring cair. Setelah lima
tahun, merek ini berhasil menangkap pangsa pasar yang signifikan di Indonesia.
Kemudian Wings
mengembangkan sayap usahanya secara vertikal dan horizontal, bahkan ke sektor
lain seperti bahan bangunan. Dengan tetap berpijak pada filosofi"To
produce Quality and Affordibility at the Convenience of our
customers." Sejak tahun 1948 Wings telah berproduksi meski sangat
sederhana dengan menggunakan minyak kelapa untuk memproduksi sabun cuci, dan
menjual dari pintu ke pintu. Selanjutnya WINGS menghasilkan ratusan produk
pembersih rumah tangga, dari pasta gigi dan shampo, untuk deterjen dan
pembersih porselen. Bukan itu saja mereka juga mempekerjakan ribuan orang di
puluhan pabrik manufaktur dan pusat distribusi di seluruh Indonesia. Merek
utama seperti Ekonomi, SoKlin, dan GIV dikenal sebagai produk yang sangat baik
dan berkualitas.
2.
Segmentasi
produk
Wings menerapkan dua strategi untuk mengembangkan
bisnis. Pertama, perusahaan rajin merilis varian produk baru. Contohnya
pekan ini, korporasi ini berencana merilis varian baru Top White Coffee.
Sebelumnya,
Wings sudah memperkenalkan varian Mi
Sedaap Cup upsize alias ukuran lebih besar. Dengan alasan belum ada produk
serupa di pasaran, Wings Food yakin, Mi Sedaap Cup upsize tersebut bisa mencuri
perhatian pasar.
Kedua, Wings
memperluas jangkauan dengan mengincar kota-kota yang masih terkendala dari sisi
pendistribusian barang. "Misalnya kami melihat saat ini sebesar 41%
konsumen ke minimarket membeli produk siap saji, ini menjadi target utama kami.
Apalagi saat ini kami menyasar terus tempat-tempat yang belum bisa
dijangkau," beber Aristanto.
Menurut catatan
pasar domestik Wings , saat ini, 70% produk distribusikan di Jawa dan sisanya
30% di luar Jawa 30%. Sementara untuk pasar mancanegara, perusahaan mengekspor
produk ke Asia Tenggara.
Sebanyak 28%
penjualan Wings berupa produk detergen.
Selebihnya, 24% produk makanan, 16% produk minuman dan 32% kategori non
makanan.
Sembari
memperkuat pemasaran, Wings berencana
membangun pabrik tahun depan. Pabrik itu akan melengkapi pabrik minuman di
Bekasi serta pabrik makanan di Jakarta, Surabaya dan Palembang. Ada pula pabrik
non makanan di Jakarta dan Jawa Timur.
Wings ingin tumbuh dobel tahun depan. Patokan nya
adalah, rata-rata pertumbuhan industri siap saji tumbuh sebesar 15% per tahun.
3.
Analisis
situasi pasar
Kekuatan Grup
Wings di bisnis toiletris karena menguasai juga bisnis hulunya. Wings memang
sangat visioner dan mempunyai konsep yang jelas dalam mengarap industri. Pola
ekspansi Grup Wings biasanya dengan lebih dulu menguasai industri hulu sebelum
menggarap hilirnya. Produk toiletris dan makanan juga mendapat respons cukup
bagus di pasar mancanegara.
Wings , saat ini 70% produknya distribusikan di Jawa dan sisanya
30% di luar Jawa 30%. Sementara untuk pasar mancanegara, perusahaan mengekspor
produk ke Asia Tenggara.Sebanyak 28% penjualan Wings berupa produk detergen. Selebihnya, 24% produk
makanan, 16% produk minuman dan 32% kategori non makanan.
4.
Pesaing
PENJELASAN :
Produk : untuk saat ini produk penggati cukup diminati oleh
masyarakat, dikarenakan kualitas tidak kalah dengan produk utama.
Price : Harga kedua produk pengganti lebih murah dibandingkan
produk utama, jadi PT. Wings perlu melakukan efisiensi biaya lebih dibanding
yang sudah ada saat ini.
Place : Untuk wilayah pasar kedua produk pengganti
sangatlah berkompenten karena sangat kurang pesaingnya sehingga kesempatan dan
keuntungan menjadi lebih baik, mudah ditemui di sekitaran.
Promotion : Untuk promosi ke2 produk pengganti tersebut, masih
jarang terdengar di telinga masyarakat, karena dengan menerapkan sistem “Low
Cost”, maka tidak banyak kita dapat melihat iklan di layar televisi.
5.
Strategi
promosi
Iklan :
Pembuatan iklan kreatif
dan menarik dengan mengandalkan keunggulan perusahaan yaitu Postioning dihati
masyarakat indonesia.
Pemberitahuan bahwa produk
yang dimiliki wings kini jauh lebih berkualitas daripada produk lainnya.
Pengerahan pada
karyawan bagian kreatif produksi untuk menggencarkan penjualan melalui iklan
yang akan dibuat.
Peningkatan kualitas
produk :
Pengerahan karyawan
bagian produksi secara langsung.
Penambahan biaya ekstra
karena adanya peningkatan kualitas produk.
Pemasaran /
Pendistribusian produk :
Pengerahan karyawan
bagian pengiriman/ekspedisi dari perusahaan utama ke anak cabang.
Pengerahan karyawan
bagian marketing ke perusahaan relasi untuk menjual produk.
6.
Media
promosi berbasis IT
Untuk mempromosikan produk PT Wings biasanya menggunakan media iklan
Pada tv atau lewat
internet melalui iklan di web dan juga melalui media social seperti facebook,
twiter ,instagram.
Komentar untuk produk Wings
Group
Menurut saya produk dari wings group cukup bervariasi dan
dapat bersaing dengar produk dari perusahaan lain. Wings group sangat pintar
dalam hal mempromosikan produknya, sehingga membuat mempermudah penjualan.
Produk yang dihasilkan sangat beragam, sehingga tidak
membatasi produk apa saja yang akan dijual. Sasaran penjualan produknya juga
menyeluruh lapisan masyarakat.
Daftar pustaka
Mantap
BalasHapus