Selasa, 14 November 2017

ASPEK PEMASARAN WINGS GROUP




WINGS Corporation didirikan pada tahun 1948 di Surabaya, Indonesia. Selama lima puluh tahun terakhir perusahaan ini telah berkembang dari sebuah industri rumah kecil menjadi pemimpin pasar (market leader) yang mempekerjakan ribuan orang dengan pabrik-pabrik berlokasi di Jakarta dan Surabaya. Wings merupakan  perusahaan besar yang mengekspor produk-produknya  ke seluruh dunia  sejak berdiri 60 tahun yang lalu di Jawa Timur. Setelah bertahun-tahun, Wings telah tumbuh menjadi salah satu merk yang terkenal di Indonesia. Beberapa produk pertama yang di hasilkan Wings Group meliputi Sabun dan detergen dan yang terbukti dapat diterima oleh konsumen dengan baik.  Setelah itu, produk-produk pembersih lainnya diperkenalkan dan saluran distribusi  yang kuat terbentuk di seluruh Indonesia. Beberapa dekade berikutnya, ‘Wings’ terus menerus memperluas ragam produknya dan sekarang telah memproduksi serta menjual ratusan SKU produk-produk rumah tangga, perawatan pribadi dan juga produk makanan.

1.    Spesifikasi Produk
Wings menghasilkan produk antara lain toilet sabun, bedak dan bar deterjen,floorcleaners, pelembut kain, dan pembalut untuk market di seluruh Indonesia dan sekitarnya. Sedangkan pabrik ketiga P.T. Lionindo Jaya dibangun di Jakarta bersama-sama dengan Lion Corporation Jepang untuk memproduksi merek seperti Emeron, Halaman Satu, Ciptadent, dan Mama. mereka termasuk shampoo, shower gel, produk perawatan kulit, pasta gigi, dan  mencuci piring cair. Setelah lima tahun, merek ini berhasil menangkap pangsa pasar yang signifikan di Indonesia.

Kemudian Wings mengembangkan sayap usahanya secara vertikal dan horizontal, bahkan ke sektor lain seperti bahan bangunan. Dengan tetap berpijak pada filosofi"To produce Quality and Affordibility at the Convenience of our customers." Sejak tahun 1948 Wings telah berproduksi meski sangat sederhana dengan menggunakan minyak kelapa untuk memproduksi sabun cuci, dan menjual dari pintu ke pintu. Selanjutnya WINGS menghasilkan ratusan produk pembersih rumah tangga, dari pasta gigi dan shampo, untuk deterjen dan pembersih porselen. Bukan itu saja mereka juga mempekerjakan ribuan orang di puluhan pabrik manufaktur dan pusat distribusi di seluruh Indonesia. Merek utama seperti Ekonomi, SoKlin, dan GIV dikenal sebagai produk yang sangat baik dan berkualitas.

2.    Segmentasi produk
Wings  menerapkan dua strategi untuk mengembangkan bisnis. Pertama, perusahaan  rajin merilis varian produk baru. Contohnya pekan ini, korporasi ini berencana merilis varian baru Top White Coffee.
Sebelumnya, Wings  sudah memperkenalkan varian Mi Sedaap Cup upsize alias ukuran lebih besar. Dengan alasan belum ada produk serupa di pasaran, Wings Food yakin, Mi Sedaap Cup upsize tersebut bisa mencuri perhatian pasar.
Kedua, Wings memperluas jangkauan dengan mengincar kota-kota yang masih terkendala dari sisi pendistribusian barang. "Misalnya kami melihat saat ini sebesar 41% konsumen ke minimarket membeli produk siap saji, ini menjadi target utama kami. Apalagi saat ini kami menyasar terus tempat-tempat yang belum bisa dijangkau," beber Aristanto.
Menurut catatan pasar domestik Wings , saat ini, 70% produk distribusikan di Jawa dan sisanya 30% di luar Jawa 30%. Sementara untuk pasar mancanegara, perusahaan mengekspor produk ke Asia Tenggara.
Sebanyak 28% penjualan Wings  berupa produk detergen. Selebihnya, 24% produk makanan, 16% produk minuman dan 32% kategori  non makanan.
Sembari memperkuat pemasaran, Wings  berencana membangun pabrik tahun depan. Pabrik itu akan melengkapi pabrik minuman di Bekasi serta pabrik makanan di Jakarta, Surabaya dan Palembang. Ada pula pabrik non makanan di Jakarta dan Jawa Timur.
Wings  ingin tumbuh dobel tahun depan. Patokan nya adalah, rata-rata pertumbuhan industri siap saji tumbuh sebesar 15% per tahun.
3.    Analisis situasi pasar
Kekuatan  Grup Wings di bisnis toiletris karena menguasai juga bisnis hulunya. Wings memang sangat visioner dan mempunyai konsep yang jelas dalam mengarap industri. Pola ekspansi Grup Wings biasanya dengan lebih dulu menguasai industri hulu sebelum menggarap hilirnya. Produk toiletris dan makanan juga mendapat respons cukup bagus di pasar mancanegara.
Wings , saat ini 70% produknya distribusikan di Jawa dan sisanya 30% di luar Jawa 30%. Sementara untuk pasar mancanegara, perusahaan mengekspor produk ke Asia Tenggara.Sebanyak 28% penjualan Wings  berupa produk detergen. Selebihnya, 24% produk makanan, 16% produk minuman dan 32% kategori  non makanan.


4.    Pesaing
PENJELASAN :

Produk : untuk saat ini produk penggati cukup diminati oleh masyarakat, dikarenakan kualitas tidak kalah dengan produk utama.

Price : Harga kedua produk pengganti lebih murah dibandingkan produk utama, jadi PT. Wings perlu melakukan efisiensi biaya lebih dibanding yang sudah ada saat ini.

Place : Untuk wilayah pasar kedua produk pengganti sangatlah berkompenten karena sangat kurang pesaingnya sehingga kesempatan dan keuntungan menjadi lebih baik, mudah ditemui di sekitaran.

Promotion : Untuk promosi ke2 produk pengganti tersebut, masih jarang terdengar di telinga masyarakat, karena dengan menerapkan sistem “Low Cost”, maka tidak banyak kita dapat melihat iklan di layar televisi.

5.    Strategi promosi

 Iklan :
Pembuatan iklan kreatif dan menarik dengan mengandalkan keunggulan perusahaan yaitu Postioning dihati masyarakat indonesia.
Pemberitahuan bahwa produk yang dimiliki wings kini jauh lebih berkualitas daripada produk lainnya.
Pengerahan pada karyawan bagian kreatif produksi untuk menggencarkan penjualan melalui iklan yang akan dibuat.

Peningkatan kualitas produk :
Pengerahan karyawan bagian produksi secara langsung.
Penambahan biaya ekstra karena adanya peningkatan kualitas produk.

Pemasaran / Pendistribusian produk :
Pengerahan karyawan bagian pengiriman/ekspedisi dari perusahaan utama ke anak cabang.
Pengerahan karyawan bagian marketing ke perusahaan relasi untuk menjual produk. 

6.    Media promosi berbasis IT

Untuk mempromosikan produk PT Wings biasanya menggunakan media iklan
Pada tv atau lewat internet melalui iklan di web dan juga melalui media social seperti facebook, twiter ,instagram.


Komentar untuk produk Wings Group

          Menurut saya produk dari wings group cukup bervariasi dan dapat bersaing dengar produk dari perusahaan lain. Wings group sangat pintar dalam hal mempromosikan produknya, sehingga membuat mempermudah penjualan.
          Produk yang dihasilkan sangat beragam, sehingga tidak membatasi produk apa saja yang akan dijual. Sasaran penjualan produknya juga menyeluruh lapisan masyarakat.


 
Daftar pustaka

1 komentar: